disini penulis akan membagikan informasi yang telah penulis dapatkan dari tempat PKL yaitu di BLC Telkom Klaten.
A. Latar Belakang
Untuk membagikan informasi tentang keselamatan kerja
B. Maksud dan Tujuan
Maksud dan Tujuan adalah untuk membagikan informasi yang telah penulis dapatkan untuk para pembacanya.
C. Pengertian SOP
Suatu standar/pedoman tertulis yang dipergunakan untuk mendorong dan menggerakkansuatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.
SOP merupakan tatacara atau tahapan yang dibakukan dan yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu.
D. Tujuan SOP
Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau timdalam organisasi atau unit kerja.
Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahanadministrasi lainnya.
Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi dan inefisiensi
E. Fungsi SOP
Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak.
Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dalam bekerja.
Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
pk lDalam menjalankan operasional perusahaan , peran pegawai memiliki kedudukan dan fungsiyang sangat signifikan. Oleh karena itu diperlukan standar-standar operasi prosedur sebagaiacuan kerja secara sungguh-sungguh untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional,handal sehingga dapat mewujudkan visi dan misi perusahaan.
F. Kesimpulan
Dari pernyataan diatas kita dapat menyimpulkan apa itu sop dan juga kita dapaat memperaktekannya
Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/SOP
http://192.168.153.3/data/SOP%20K3%20%20Management%20Project/PENGERTIAN_STANDAR_OPERASIONAL_PROSEDUR.pdf
Pengertian Tujuan dan Fungsi Standar Operasional Prosedur
4/
5
Oleh
Hai