Sunday, March 12, 2017

Konfigurasi Proxy (Squid 3) di Debian Router

Assalamualaikum wr.wb.,
ketemu lagi kawan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang bagaimana cara mengkonfigurasi proxy .

A. Pengertian

Proxy server (peladen proxy) adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.
Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.
Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah "agen keamanan" untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.
B. Latar Belakang
Proxy digunakan karena memiliki beberapa fungsi diantaranya :

1. Fungsi conecting sharing
Salah satu fungsi proxy adalah sebagai connecting sharing yaitu sebagai penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu alamat IP dan diantarkan ke alamat IP lainnya ataupun kepada IP komputer user.
2. Fungsi filtering
Terdapat beberapa proxy yang dilengkapi dengan firewall yang dapat memblokir beberapa atau sebuah alamat IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa website tidak dapat diakses dengan memakai proxy tersebut. Itulah salah satu fungsi dari proxy sebagai filtering. 
3. Fungsi caching
Dan fungsi proxy yang lainnya yaitu sebagai fungsi caching, disini maksudnya proxy juga dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari query ataupun permintaan akses user. Misalnya permintaan untuk mengakses suatu web dapat lebih cepat jika telah ada permintaan akses ke suatu web pada pemakai proxy sebelumnya. Itulah fungsi proxy sebagai chacing.

C. Maksud & Tujuan
Maksud dan tujuan saya membuat tulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengkonfigurasi proxy di debian router agar dapat berjalan sesuai fungsinya.

D. Alat & Bahan
  • pc router
  • koneksi internet
  • pc client
  • repository
E. Jangka Waktu Pelaksanaan
Waktu yang dibutuhkan untuk mengkonfigurasi sekitar 20 menit

F. Tahap Pelaksaan
1. pertama masuk ke pc router sebagai superuser
2. kemudian install  package squid3 degan perintah  
# apt-get install squid3

3. setelah itu  kita konfigurasi squid nya dengan perintah 
# nano /etc/squid3/squid.conf


4. tekan ctrl+w lalu cari http_port 3128
5.hilangkan tanda # lalu tambahkan transparent di belakangnya 
6. tekan ctrl+w dan cari cache_mem 32 MB

7. tekan ctrl+w dan cari cache_mgr  ,
tambahkan cache_mgr webmaster untuk webmaster bisa kalian ubah email / nama kalian, fungsinya agar nanti ketika ada pesan error akan menampilkan nama kalian.
8. kemudian restart dengan perintah  
# /etc/init.d/squid3 restart  
G. Kesimpulan
Dengan mengkonfigurasi proxy maka seolah-olah akan menambah kecepatan internet padahal hanya proxy yang menyimpan cache , jadi ketika client melakukan permintaan terhadap situs tertentu yang sudah pernah dibuka maka tidak langsung ke internet melainkan tersimpan di cachenya proxy.

H. Referensi

Sekian yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat
Wassalamualikum wr.wb.

Related Posts

Konfigurasi Proxy (Squid 3) di Debian Router
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.