Monday, February 20, 2017

Pengenalan Debian Router


Assalammualaikum wr. wb.
Kali ini saya akan membahas tentang debian router karna kelompok kami sudah masuk ke debian router

A. Pengertian
    Perute atau penghala (bahasa Inggris: router) adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai penghalaan.

B. Latar Belakang
    Latar belakang saya membagikan ini agar dapat berbagi pengertian dengan kalian yang ingin memasuki debian router

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan tujuannya adalah agar dapat memahami tentang debian router

D. Materi
   
Pengertian
Perute atau penghala (bahasa Inggris: router) adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai penghalaan. Proses penghalaan terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari protokol tumpukan (stack protocol) tujuh-lapis OSI.

Fungsi
Router berfungsi sebagai penghubung 2 jaringan atau lebih untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch, switch merupakan suatu jalan, sedangkan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.

Jenis-Jenis Router
Secara umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yakni:
  • static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan.
  • dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.

E. Kesimpulan
    disini kami menggunakan Debian 8.6 Jessie . kami membuat program kerja debian 8.6 server dan centos7 server seperti topologi di atas, kami yaitu SMK WALISONGO JEPARA dan SMK PELITA PESAWARAN LAMPUNG mendapat tantangan saat centOS7 Server kami mendapat IP Dinamic dari Debian Router. sehingga sulit untuk di remote via ssh karena centos server kami mendapat IP Dinamis dari debian router nya.   

Referensi

Related Posts

Pengenalan Debian Router
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.