Thursday, January 12, 2017

Pengertian VLAN


 Assalammualaikum wr. wb
 kali ini saya akan membahas tenatang apa itu VLAN, tapi sebelum kita bahas apa sih VLAN itu menurut kalian?

A. Latar Belakang
    Karan saya adalah orang Awam dalan jaringan maka dari itu saya ingin banyak mengetahuin apa sih itu jaringan dan apa sih itu VLAN sekalian saya berbagi dengan kalian dan sekalian juga saya belajar.

B. Maksud dan Tujuan
     Maksud dan tujuan saya membahas tentang VLAN kali ini adalah agarr saya dapat lebih paham apa sih sebenarnya VLAN itu dan sekalian saya juga ingin shering dengan kalian

C.Pengertian
    VLAN, atau Virtual LAN, adalah teknologi yang memungkinkan membagi jaringan fisik ke segmen logis pada Layer 2. Secara fungsional, VLAN memungkinkan administrator jaringan untuk partisi jaringan menjadi terpisah, jaringan independen.

Sementara teknologi yang berguna untuk LAN kecil, VLAN sering digunakan dalam jaringan yang besar, juga. Pada jaringan yang lebih besar, VLAN kadang-kadang digunakan untuk bergabung LAN yang terpisah secara fisik atau segmen LAN ke LAN logis tunggal.

Jika Anda memiliki lebih dari satu perangkat pada jaringan Anda, Anda mungkin memiliki switch. Sebuah switch adalah perangkat sederhana yang beroperasi pada Layer 2 dari model OSI, forwarding frame data dari satu perangkat ke perangkat lainnya berdasarkan hardware atau alamat MAC (Media Access Control). Dasar Layer 2 switch tidak peduli atau tahu tentang alamat IP, yang beroperasi pada Layer 3.

saklar Anda mungkin beberapa port dibangun ke router Anda, mungkin kecil unmanaged (non-dikonfigurasi) beralih seperti D-Link DGS-2205 yang ditunjukkan pada Gambar 1. Atau Anda mungkin memiliki tombol yang lebih maju dengan kemampuan VLAN, mungkin disebut sebagai dikelola, "pintar" atau switch multilayer. jaringan yang lebih besar biasanya memiliki beberapa switch di berbagai lokasi.

Sebagaimana dinyatakan, switch melewatkan data dari satu perangkat ke perangkat lain berdasarkan alamat MAC mereka. Pertanyaan kuncinya adalah, bagaimana switch mengetahui alamat MAC terletak pada yang port?

Bahkan saklar sederhana memiliki "kemampuan belajar" membaca alamat MAC dari perangkat yang terhubung, dan menyimpan alamat tersebut MAC di meja di memori. Switch "belajar" dengan memeriksa sumber alamat MAC dari setiap frame yang diterima. alamat baru MAC belajar pada frame yang diterima ditambahkan ke meja, menciptakan dalam memori switch pemetaan alamat MAC untuk beralih port.

D. Kesimpulan 
     Kesimpulan dari artikel ini adalah untuk menjelaskan dan mendiskusikan VLAN, termasuk mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan VLAN dalam jaringan yang lebih kecil. Saya juga akan berjalan melalui contoh konfigurasi yang menunjukkan cara mengkonfigurasi switch VLAN-sadar untuk menciptakan segmen LAN yang terpisah.


terimakasih sudah mampir ke blog ini semoga apa yang saya bagikan bermanfaat ya, wassalammualaikum wr. wb

Referensi

Related Posts

Pengertian VLAN
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 komentar:

Tulis komentar